Cara Mengatasi dan Menghilangkan Jerawat Punggung

by - July 03, 2020


Ngomongin jerawat emang gak ada habisnya, gak cuma jerawat yang ada di wajah aja yang mengganggu, tapi jerawat di area tubuh lainnya juga bikin tingkat kepercayaan diri menurun. Kali ini aku mau ngomongin seputar jerawat di area punggung, yang biasa dikenal juga sebagai back acme atau bacne.

Jerawat itu mulai muncul ketika remaja sampe rata-rata umur 20-30an, bahkan ada juga yang udah lewat 40 tahun pun masih ada jerawat. Dan munculnya sebenernya gak cuma di wajah aja, ada yang muncul di leher, dada, dan juga punggung. Kalo udah punya jerawat sebaiknya gak dibiarin gitu aja, karena bekas jerawatnya bisa berbekas. Jadi aku akan bahas tuntas penyebab munculnya jerawat punggung, leher, dan dada, gimana cara mengatasinya, dan produk yang sudah aku pakai buat menghilangkan jerawat punggung.

Penyebab Jerawat
Banyak banget penyebab munculnya jerawat, jadi penting banget buat tau kenapa dan gimana munculnya jerawat itu sendiri. Tubuh kita menghasilkan minyak yang disebut sebagai sebum. Sebun ini terbuat di kelenjar yang terhubung ke folikel rambut, jadi sebum menggerakkan folikel rambut supaya kulit dan rambut kita tetap lembab. Nah, jerawat muncul ketika sebum dan sel kulit mati menumpuk, yang mengakibatkan pori-pori jadi terblokir dan jadi bakteri.
Selain itu, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan jerawat, seperti:
  1. Genetik (masalah jerawat memang sudah turun temurun)
  2. Perubahan hormon (ketika remaja, atau untuk perempuan ketika menstuasi dan kehamilan)
  3. Keringat
  4. Makanan
  5. Efek samping dari obat
Kalau jerawat punggung biasanya penyebab utamanya karena baju yang berkeringat, makanya penting banget setelah workout langsung ganti pakaian basah, terutama kalau pakaiannya ketat dan menempel langsung ke kulit.


Tips Menghilangkan Jerawat Punggung
Untuk mengurangi jerawat punggung, ada beberapa kebiasaan yang harus diubah, yaitu:
  1. Tidak menggosok area yang berjerawat, tidak memencet jerawat karena bisa luka, makin banyak, dan berbekas
  2. Jangan menggunakan pakaian yang terlalu ketat ketika berolahraga
  3. Ketika berkeringat setelah berolahraga atau aktivitas lainnya, biasakan untuk langsung mandi. Kalau memang gak memungkinkan untuk mandi, bersihkan area kulit yang berkeringat dengan wipes atau tissue basah, kemudian ganti baju yang bersih
  4. Ganti baju dan handuk secara berkala, supaya bakteri gak menempel ke badan
  5. Jika susah membersihkan area punggung ketika mandi, gunakan spons, loofah, atau tongkat brush supaya bisa membersihkan area punggung secara menyeluruh. Bersihkan area punggung dengan perlahan, jangan sampai melukai jerawat yang ada
  6. Rambut yang panjang bisa menambah minyak dan kotoran ke punggung, jadi keramas secara teratur dan kalau beraktivitas yang menyebabkan keringat sebaiknya kuncir rambut
  7. Ketika keramas jangan sampai kondisioner rambut menempel atau mengalir ke punggung, karena bahan di kondisioner comedogenic yang bisa membuat pori-pori tersumbat

Produk Rekomendasi untuk Jerawat Punggung
Buat membantu menghilangkan jerawat di punggung, aku punya produk andalan yang udah lama aku pakai, aku cuma pakai satu produk yang namanya AStop Clear Face & Body Toner. Sesuai namanya, sebenernya produk ini bisa dipakai buat wajah juga, tapi aku memang lebih suka pakai toner ini untuk area badan, terutama punggung. Aku udah pakai produk ini lebih dari satu tahun, dan toner ini emang bener-bener membantu meredakan jerawat punggung.

Cara pakainya juga gampang banget, tinggal disemprot aja, dan botolnya bisa dipake bolak-balik sampe 360 derajat, memang dibuat khusus buat semprot ke punggung. Teksturnya kayak air biasa jadi cepat meresap ke kulit. Aku pakai produk ini khusus kalau lagi ada kendala sama jerawat aja, pakainya dua kali sehari, jadi setelah mandi aku semprot toner ini ke kulit yang kering, tunggu meresap ke kulit baru lanjut pakai baju, praktis banget!


Kalau tertarik buat coba AStop Clear Face & Body Toner ini, kalian bisa cek langsung di Charis Shop aku, produk ini ada 2 ukuran, yang aku punya 210ml dan ada yang ukuran 155ml yang lebih kecil juga. Ini produk dari Korea Selatan yang emang udah terkenal sebagai brand yang mengatasi jerawat, AStop sendiri itu kepanjangannya adalah Acne Stop.

Jadi itu ada tips-tips dan rekomendasi produk dari aku untuk meredakan dan menghilangkan jerawat punggung, semoga bisa membantu untuk mengatasi problem kalian!

You May Also Like

0 comments

Thank you for your time to come by and leave comment!

XOXO