Cara Membuat Banyak Link di Profil Instagram Gratis Untuk Online Shop atau Influencer

by - March 30, 2019

Kalian semua pasti tau kalau di Instagram kita gak bisa bikin link aktif selain di bio. Jadi kalau nulis link di posting, followers gak akan bisa klik untuk buka link yang kita buat. Kecuali punya followers di atas 10,000 dan bisa bikin link di Instastory yang bisa dibuka kalau di swipe atau klik 'See More'.

Tapi untuk kebanyakan pengguna Instagram, kita cuma bisa punya 1 link aktif, yang bisa dibilang sangat terbatas. Jadi aku mau kasih tips gimana cara untuk buat lebih dari satu link di Instagram.

Ini salah satu yang paling sering dipakai oleh influencer, online shop, dan brand juga, karena Linktree ini yang pertama kali muncul untuk memudahkan kita bisa punya satu link yang menampung link-link lainnya.

Linktree ini gampang banget disetting dan dipakai, cuma perlu masukin link yang mau kita tambahkan, terus share link-nya di Instagram bio kita.

Ini yang aku pakai untuk online shop-ku, WEARRING.ID sekarang ini, aku pakai Linktree untuk menambahkan link WhatsApp dan LINE@ supaya calon customer bisa dengan mudah menghubungi jika mau order, jadi daripada harus mencatat nomor, calon customer bisa langsung klik link bio di Instagram dan memilih platform yang mau mereka gunakan, baik WhatsApp atau LINE@.

Linktree sendiri tersedia fitur Freemium yang bisa digunakan secara gratis tanpa jangka waktu, namun juga tersedia yang berbayar sebesar USD 6/bulan jika mau tambahan fitur seperti menghilangkan logo Linktree, mendapat lebih banyak themes, mengganti judul linktree, menambah profile picture, mengganti background photo, dll.

Kamu bisa sign up gratis langsung di website Linktr.ee dan sign in langsung lewat Instagram.

CAMPSITE.BIO

Belum lama ketemu website ini dan langsung suka, karena sebenarnya Campsite.bio menawarkan lebih banyak dibanding Linktree loh! Kebanyakan fitur yang sebenarnya sangat menarik cuma tersedia sebagai premium di Linktree, tapi di Campsite.bio malah tersedia secara gratis.
Contohnya, di sini aku bisa pasang profile picture, menambahkan sedikit kata-kata pembuka, dan di setiap link bisa ditambahkan gambar juga. Menarik banget ya! Kalau mau fitur Pro, Campsite.bio menawarkan harga sebesar USD 7/bulan di mana kamu bisa ganti domain sendiri (contoh: links.beautyappetite.com), sampai menambahkan Facebook Pixel juga untuk re-targeting iklan.

Kalau mau pasang foto untuk link, kamu perlu integrasikan dengan Instagram dulu, jadi kamu hanya bisa menggunakan foto yang pernah kamu upload di Instagram. Kalau mau upload foto custom untuk link, kamu perlu melakukan upgrade ke Pro.

Kamu bisa sign up mudah dengan log in lewat Gmail di Campsite.bio

ContactInBio

Yang terakhir ini menawarkan sesuatu yang agak berbeda dibandingkan Linktree dan Campsite.bio, banyak hal yang cuma tersedia di ContactInBio, jadi gak cuma share link aja, kamu bisa masukin formulir kontak buat pengunjung, bahkan bisa menambahkan link untuk pembayaran ke lebih dari 40 website!
ContactInBio menawarkan fitur ini secara gratis, tapi kalau mau upgrade ke Business account, kamu bisa bayar bulanan USD 7/bulan, USD 48/tahun, atau USD 91 untuk seumur hidup. ContactInBio juga menyediakan harga khusus untuk agency, jadi bisa handle 5 akun sekaligus.

Kamu bisa langsung mendaftarkan email kamu untuk menggunakan ContactInBio secara gratis.



***



Di antara ketiga website yang aku sebutkan di atas, aku paling suka dengan Campsite.bio karena menawarkan fitur yang sangat lengkap dan banyak hal yang bisa di-customized dibandingkan Linktree.

Untuk peringkat kedua, aku pilih pionir Linktree karena penggunaannya sangat gampang dipakai, bahkan untuk pemula sekalipun, ditambah lagi dengan kemudahan sign up menggunakan Instagram. Meskipun fiturnya tidak selengkap yang lain, tapi sebenarnya sudah cukup membantu.

Terakhir adalah ContactInBio yang sebenarnya punya banyak banget fitur yang bisa di-explore, tapi dari segi User Interface dan terutama User Experience masih kurang bagus.

Nah, kalau ada yang udah buat sendiri, share juga yuk link kalian di comment box.
Selamat mencoba! :)

You May Also Like

10 comments

  1. Aku pakai link tree yg gratis tidak bisa muncul link udah di tambah kan kak. Jadi ketika kita share hanya muncul profil kita saja. Pas dicek dibagian kanan berwarna kuning dengan tanda pentung. Jika berwarna hijau pasti muncul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy juga palai linktree yg free. Lalu biar hijau bagaimana caranya kak? Mohon bantuanya

      Delete
    2. isi dulu nama link nya kak dibagian atas link

      Delete
  2. Oh ternyata gitu ya ka,
    Ini boleh kunjung back
    https://siletmovie.com

    ReplyDelete
  3. simple dan elegen web nya kak,,

    ReplyDelete
  4. cari innfo web blog template nya dunk ? Boleh ?

    ReplyDelete
  5. apakah dengan link yang sama kita bisa membuat yang baru lagi?

    ReplyDelete
  6. Mau tanya kak, Saya coba upgrade ternyata ga bisa bayar via trf bank. Sedang saya gak punya CC. Apa ada cara lain

    ReplyDelete
  7. makasih buat artikelnya. sebenernya aku cari yang gratis tapi bisa masukin link website. karena linktree cuma bisa sosmed (gratis) doang.

    ReplyDelete

Thank you for your time to come by and leave comment!

XOXO